Keuangan » Info » Tips Berbelanja Diskon

Tips Berbelanja Diskon

Bulan November sampai desember merupakan bulan Diskon. Selain dalam rangka menyambut natal dan tahun baru, biasanya  pusat perbelanjaan menghabiskan stok di akhir tahun. Tentu saja momen seperti ini sangat ditunggu tunggu oleh para penggila belanja, tetapi sebagai konsumen yang cerdas, kita sebaiknya tidak mudah tergiur dengan iming-iming diskon. Jangan asal beli hanya karena dikon, tapi unjungnya dompet kita yang terkuras. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika berbelanja barang diskon. Seperti apa ? berikut ini tips berbelanja diskon dari blogekstra bagi Anda agar kantong tidak terkuras ;

  1. Prioritaskan barang yang sifatnya mendesak, atau barang yang belum dimiliki sebelumnya.
  2. Untuk menghindari pemborosan, susun daftar barang yang akan dibeli serta batasi anggaran untuk belanja diskon.
  3. Jangan mudah tergoda dengan diskon besar pada barang yang sudah Anda miliki. Sebab meski harganya jauh lebih murah dari harga asli, namun akan sia-sia jika sudah Anda miliki.
  4. Saat musim diskon, pusat perbelanjaan akan diserbu banyak orang. Jika Anda ingin berbelanja pakaian, gunakan pakaian tipis, untuk menghindari antri saat ingin mencoba pakaian.
  5. Ajak teman agar bisa diajak kompromi dan membantu Anda menentukan pilihan.
  6. Jika Anda memiliki tempat belanja favorit, daftarkan diri anda sebagai member dan minta pemberitahuan melalui SMS notification jika gebyar diskon tiba.
  7. Pilihlah dengan teliti barang yang akan Anda beli. Cek kondisinya, terutama barang yang memiliki nilai diskon cukup besar. Biasanya diskon yang terlalu besar adalah untuk barang dengan sedikit cacat.
  8. Untuk melakukan penghematan, belanjalah menggunakan uang tunai, dengan begitu kita akan tau batasan anggaran yang telah ditentukan, lebih baik lagi kalau debit card ditinggal dirumah. Hal ini penting ketika anggaran belanja sudah habis, namun Anda sangat tertarik untuk belanja lagi dan menghindari pemborosan.
  9. Jangan lupa membaca syarat dan ketentuan yang berlaku. Setiap toko atau pusat perbelanjaan pasti memiliki ketentuan mengenai diskonnya. Jangan sampai Anda salah perhitungan ketika belanja. Jika perlu tanyakan terlebih dahulu pada penjaga outlet.

Itulah beberapa poin yang perlu Anda perhatikan ketika berbelanja diskon. Yang perlu diingat bahwa toko/pusat perbelanjaan tak akan mungkin mengobral barang dagangan dengan harga yang sangat murah, jika ada diskon besar-besaran tentu saja harga tersebut sudah dimark-up terlebih dahulu. Selamat berbelanja

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Merupakan seorang Konsultan perencanaan keuangan yang bekerja sebagai Internet Marketer, selain itu sangat tertarik pada dunia TI khususnya komputer dan Android.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...