Keuangan » Bisnis » Jenis-jenis Investasi dan Resikonya

Jenis-jenis Investasi dan Resikonya

Memiliki cadangan uang berlebih seringkali justru membuat kita semakin konsumtif dengan merasa aman mengeluarkan uang. Sayangnya tanpa disadari uang kita habis tak tersisa. Oleh sebab itu jaman dulu orang menyimpan uang dalam celengan untuk membatasi pengeluaran yang berlebh. Namun cara seperti itu sudah ketinggalan jaman, selain kurang aman, uang yang ditimbun tidak menghasilkan profit. Oleh sebab itu sekarang muncul istilah investasi, yaitu menyimpan kekayaan untuk mendapatkan laba atau keuntungan.

Ada banyak jenis investasi yang dapat Anda coba untuk menyimpan uang sekaligus mendatangkan keuntungan. Investasi bukan tanpa resiko, banyak investasi yang menawarkan profit tinggi justru memiliki resiko sebaliknya, uang hilang atau bahkan merugi. Jenis jenis investasi yang relatif aman adalah tawaran keuntungan yang sedikit. Contoh investasi beresiko adalah forex, saham, dan investasi online. Sedangkan investasi yang terpercaya aman namun tetap menguntungkan contohnya tabungan, deposito, obligasi.

Jenis jenis investasi

Jenis jenis investasi

Nah sebelum Anda memutuskan untuk memilih mana jenis investasi, sebaiknya kenali dulu ciri-ciri dan resikonya. Untuk menambah referensi pembaca, berikut ini blogekstra berikan gambaran mengenai jenis-jenis investasi:

Tabungan

Tabungan merupakan cara investasi uang termudah dan fleksibel. Keuntungan jenis investasi tabungan adalah resiko kehilangan sedikit, dapat diambil sewaktu waktu , serta profit berupa bunga. Sayangnya besar bunga (profit) yang didapat tidaklah terlalu besar dan tidak sebanding dengan nilai barang di masa depan.

Dposito

Investasi jenis ini hampir mirip dengan tabungan, hanya saja dana bisa ditarik dalam jangka waktu yang telah ditentukan (paling cepat 6 bulan). Keuntungannya adalah bunga yang diperoleh jauh lebih besar dari suku bunga tabungan.

Reksadana

Jenis investasi yang ketiga adallah reksadana, yaitu mengumpulkan uang secara berkelompok yang kemudian dana tersebut dikelola oleh manajer investasi. Keuntungan serta kerugian yang diperoleh sebagai hasil investasi nantinya akan dibagikan kepada investor sesuai dengan kesepakatan. Keuntungan jenis investasi ini adalah tak perlu mempelajari seluk beluk bisnis karena sudah ada manajer investasi, kita tinggal duduk manis dan menikmati hasil.  Kerugiannya, resiko tinggi karena biasanya jenis investasi yang digunakan bermacam macam dan kita menaruh penuh kepercayaan pada satu orang/lembaga reksadana.

Obligasi

Obligasi merupakan memberikan pinjaman kepada perusahaan kemudian perusahaan akan memberikan bunga kepada kita. Obligasi paling aman adalah surat obligasi dari negara. Keuntunganya kita akan memperoleh keuntungan yang besar, sedangkan kerugiannya dana tidak dapat ditarik sebelum kontrak habis. Selain itu, jika perusahaan mengalami kebangkrutan, dana kita akan lenyap.

Itulah beberapa jenis investasi beserta kerugian dan keuntungannya yang perlu Anda ketahui. Pada postingan selanjutnya akan kita bahas jenis investasi lain yang lebih aman.

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Merupakan seorang Konsultan perencanaan keuangan yang bekerja sebagai Internet Marketer, selain itu sangat tertarik pada dunia TI khususnya komputer dan Android.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...