Keuangan » Perencanaan » Inilah 7 Trik Hemat Berbelanja

Inilah 7 Trik Hemat Berbelanja

Belanja menjadi kebutuhan primer setiap rumah tangga, meskipun terdengar sepele namun ternyata bukan sebuah perkara mudah. Pasalnya tak jarang kita terjebak hutang karena masalah pemborosan dalam belanja. Jika tidak dikontrol, maka bisa jadi pengeluaran lebih besar dari pemasukan. Karena sama halnya kerika kita mada beberapa trik hemat berbelanja yang bisa kita terapkan. Baik dengan cara memangakas daftar barang yang akan kita beli, dan beli barang yang memang sangat dibutuhkan.enabung, saat berbelanja barang barang kecil dengan harga murah, terkadang kita tidak memperhatikan, dan ketika diakumulasi ternyata jumlah belanjaan sudah melampaui target. Untuk menghemat belanja,  Selain itu kita perlu membuat daftar belanja agar ketika berada di pasar/supermarket kita bisa terfokus hanya pada barang yang diinginkan.

Trik Hemat Berbelanja

Trik Hemat Berbelanja

Berikut ini ulasan lebih lanjut mengenai trik hemat berbelanja versi blogekstra yang bisa Anda terapkan :

Rencanakan terlebih dahulu
Sepertinya terdengar berlebihan, hanya belanja namun harus direncanakan. tetapi poin ini sangat penting sebab kita bisa menimbang-nimbang kebutuhan mana yang lebih mendesak atau penting yang akan beli. Sebaiknya rencanakan belanja Anda sehari sebelumnya agar bisa menambah/mengurangi barang yang biasanya terlupakan.

Cek bahan makanan yang ada di dapur
Belanja dapur menjadi kebutuhan utama yang paling banyak menyedot anggaran belanja. Untuk membuat daftar belanja, kebutuhan dapur ini harus diprioritaskan. Oleh sebab itu, cek bahan dapur Anda apa yang habis dan apa yang masih banyak, jangan sampai membeli bahan yang masih tersedia karena hanya akan mubadzir.

Buat kategori bahan belanja
Tidak semua bahan makanan atau barang belanja awet dan tahan lama, oleh sebab itu kategorikan berdasarkan usia pakai. Sehinga beli barang/bahan dalam harian atau mingguan.

Lakukan pembatasan anggaran
Hal tak kalah penting dalam membuat daftar belanja adalah membatasi anggaran belanaja, sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan. tak perlu belanja secara berlebihan karena hanya akan memboroskan anggaran.

Buatlah daftar belanja
Agar belanja lebih fokus dan hemat waktu, daftar belanja wajib dibuat dan dibawa ketika sedang berbelanja. Buat daftar belanja rangkap dua untuk berjaga-jaga apabila hilang.

Jangan lupa peralatan tulis
Jika kita sudah membuat dan membawa daftar belanja, jangan lupa untuk membawa alat tulis (bisa pendil atau pulpen) yang difungsikan untuk memberikan ceklist barang yang sudah dibeli. Dengan begitu kita akan lebih mudah mencari barang apa yang belum dibeli.

Koordinasi dengan anggota keluarga.
Koordinasi dengan anggota keluarga lain sangat penting kaitannya dengan bahan-bahan masakan. Sebab, mereka yang akan menikmati, atau barangkali ada barang titipan. Selain itu juga bisa menghindari kalau memebeli barang yang sama.

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Merupakan seorang Konsultan perencanaan keuangan yang bekerja sebagai Internet Marketer, selain itu sangat tertarik pada dunia TI khususnya komputer dan Android.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...