Keuangan » Info » Dibalik Rahasia Diskon Yang Menggoda

Dibalik Rahasia Diskon Yang Menggoda

Waspada terhadap Potongan Harga Barang dan Jasa

Sudah siapkah Anda menghadapi bulan Desember ? Siap di sini dalam artian menyelamatkan keuangan keluarga dari serangan potongan harga atau diskon. Ya, seperti kita ketahui, bulan Desember menjadi festival diskon terbesar sepannjang tahun. Di Bulan Desember akan ada banyak sekali penawaran di toko-toko atau department store untuk menyambut hari Natal, tahun baru, dan juga propaganda menghabiskan stok barang.

Mengapa harus menyiapkan diri ?

Berbeda dengan bulan bulan sebelumnya, diskon yang ditawarkan pada bulan Desember sangatlah menggiurkan. Eits, tapi jangan dulu tergoda, sebaiknya Anda kenali rahasia diskon sebelum memutuskan menghabiskan uang dengan dalin “aji mumpung, mumpung diskon”.  Sikap hati-hati ini mutlak Anda lakukan jika memang tidak menginginkan keuangan menjadi jebol karena membeli barang yang sebenarnya belum kita butuhkan.

rahasia diskon

rahasia diskon

Rahasia diskon.

Diskon sejatinya merupakan potongan harga yang diberikan oleh toko kepada konsumen ketika hari special. Tapi yang perlu diingat, tidak mungkin toko tersebut melego barang dengan diskon besar besaran hingga 70%. Ada udang di balik capcai, yang berarti sebenarnya diskon hanya sebagai umpan agar konsumen tertarik. Alih alih tersenyum lebar karena mendapatkan barang dengan harga murah, pembeli terkadang menyesal karena dompetnya terbobol. Oleh sebab itu, pelajari rahasia diskon dan berusaha mengendalikan diri. Berikut ini rahasia diskon yang dapat merugikan pembeli :

  1. Diskon beli satu gratis satu. Kedengarannya sangat menggiurkan, karena kita akan mendapatkan gratis satu barang dengan hanya berbelanja satu. Ingat, ini bukan kopi pasti ada syarat ketentuan yang berlaku, atau biasanya penjual melakukan mark-up hingga dua kali lipat sebelum memberikan gratis barang tersebut, artinya sebenarnya Anda dipaksa untuk membeli 2 item.
  2. Diskon yang menjebak lainnya adalah dengan memberikan kupon atau voucher. Anda akan mendapatkan potongan harga khusus Rp. 100-200ribu, meskipun terdengar besar, sayangnya Anda diharuskan berbelanja dulu dengan nominal yang telah ditentukan. Untuk menghemat Rp. 100.000 ternyata Anda diajak boros hingga ratusan ribu. Mau kah Anda ?
  3. Voucher diskon pada tanda khusus. Contoh kasus diskon yang juga harus kita hindari, potongan harga hanya berlaku untuk tanda khusus. Karena kita telah memegang voucher tersebut seringkali merasa gatal untuk menggunakannya, padahal untuk barang dengan tanda khusus adalah propaganda menghabiskan stok. Otomatis, barang tersebut hamper atau bisa dikatakan out of date. Tetapi karena tergiur diskon kita terbujuk rayunya.

Selain contoh model diskon di atas, masih banyak rahasia diskon lainnya yang digunakan oleh penjual guna meghipnotis pembeli untuk berbelanja. Sebaiknya Anda bijak dalam menghadapi bulan Desember ini, untuk menghindari boros karena belanja diskon, baca juga artikel mengenai Tips Berbelanja Diskon

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Merupakan seorang Konsultan perencanaan keuangan yang bekerja sebagai Internet Marketer, selain itu sangat tertarik pada dunia TI khususnya komputer dan Android.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...