Keuangan » Lain-lain » Cara Menghemat Pemakaian Internet Untuk Menyusutkan Anggaran Bulanan

Cara Menghemat Pemakaian Internet Untuk Menyusutkan Anggaran Bulanan

Pulsa Internet saat ini menjadi sebuah kebutuhan primer setiap orang, pasalnya tren komunikasi saat ini sudah beralih dan bebrasis pada internet. Jika dulu pulsa hanya digunakan untuk aktivitas telpon serta SMS, seiring dengan semakin maju teknologi ponsel yang mengarah ke Smartphone, membuat konsumsi pulsa bertambah untuk aktivitas berinternet. Tentu saja hal ini membuat anggaran pulsa bulanan bertambah. Jika dulu Rp. 50.000 hingga Rp. 100.000 sudah cukup untuk jatah pulsa setiap bulannya, kini dipastikan kurang, apalagi jika ditambah dengan kebutuhan internet via laptop. Meskipun terkesan sebagai kebutuhan yang tidak terlalu popok, namun pengeluaran uang untuk internet ini perlu ditekan agar tidak menggerogoti anggaran Anda. Oleh sebab itu cara terbaik untuk menghemat anggaran pulsa bulannan adalah dengan menghemat pemakaian internet pada smartphone maupun laptop Anda.

Cara Menghemat pemakaian Internet

Cara Menghemat pemakaian Internet

Lantas bagaimana cara menghemat pemakaian internet pada Smartphone atau laptop? Berikut ini ada 3 tips yang bisa Anda praktekkan untuk menghemat kuota paket internet.

Sebaiknya tidak mengunduh file berukuran besar lewat ponsel.

File yang berukuran besar, (film/game/aplikasi) akan memerlukan waktu yang cukup lama. Akibatnya, tentu saja kuota akan cepat habis, selain itu baterai ponsel juga akan terkuras. Sebaiknya gunakan jaringa Wi-Fi jika ingin mengunduh file dengan ukuran besar seperti Aplikasi, Game dan Film.

Gunakan Browser dengan tingkat kompresi data yang bagus.

JIka ingin melakukan aktivitas browsing internet, ada baiknya menggunakan aplikasi browser yang mendukung kompresi data. Hindari menggunakan browser bawaan ponsel, sebab selain loadingnya lama, tingkat kompresi yang rendah akan lebih menyedot konsumsi data kuota internet. Alternatifnya, Anda bisa mencoba Aplikasi browser seperti Ucweb, Opera Mini dan TeaShark.

Hindari melakukan aktivitas streaming video secara berlebihan

Data yng ditransfer ketika melakukan streaming cukup besar. Lagipula, video hasil streamingan tersebut tidak tersimpan di memori ponsel. Alternatif lain untuk menonton video kesayangan Anda, unduhlah terlebih dahulu video tersebut dalam format 3GP atau MP4 sehingga bisa dilihat sewaktu-waktu. anda bisa menggunakan situs pihak ketiga untuk mendownload video dari Youtube misalnya abphone.com atau tubezen.com

Itu tadi 3 tips sederhana untuk menghemat pemakaian internet smartphone Anda. Dengan menghemat pemakaian, tentu akan berimbas pada hematnya anggaran bulanan Anda. Selamat mencoba

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Merupakan seorang Konsultan perencanaan keuangan yang bekerja sebagai Internet Marketer, selain itu sangat tertarik pada dunia TI khususnya komputer dan Android.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...