Keuangan » Perencanaan » Cara Menghemat Belanja Bulanan

Cara Menghemat Belanja Bulanan

Belanja bulanan menjadi  pos pengeluaran terbesar dalam keuangan rumah tangga.  Tak bisa dipungkiri, kegiatan belanja kerap kali membawa efek domino yaitu ketika sedang berbelanja barang, ada saja kemudian yang dibeli meskipun pada awalnya barang tersebut tidak terdaftar. Oleh sebab itu sebaiknya batasi kegiatan belanja bulanan dalam sekali atau maksimal dua kali saja tiap bulannya.  Karena berpotensi membawa efek domino, maka jangan pakasakan diri untuk berbelanja hanya karena tergiur ingin mmbeli sebuah barang baru, yang belum tentu bermanfaat bagi Anda. Contohnya kerap kali kita tergiur promosi barang diskon,  padahal sekali masuk ke Mall uang kita akan terkuras, karena kebanyakan diskon memiliki syarat dan ketentuan berlaku.

Cara Menghemat Belanja Bulanan

Cara Menghemat Belanja Bulanan

Jika memungkinkan, lakukan belanja bulanan dalam sekali jalan. Meskipun terlihat mengeluarkan nominal belanja yang besar, namun akan lebih mudah mengontrol keuangan Anda. Selain menghemat belanja bulanan juga akan lebih menghemat biaya transportasi dan menghindari efek domino belanja. Karena melakukan belanja sekali waktu dalam jumlah yang cukup banyak, maka carilah tempat belanja yang memiliki atau menawarkan harga yang lebih murah. Kita bisa melakukan survey kecil atau tanya pada teman kita. Kita dapat mengetesnya dengan terlebih dahulu membeli dalam jumlah kecil jika sudah dapat tempat dengan harga paling murah , kita bisa lakukan belanja bulanan di situ dan  jadi langganan.  Biasanya toko kelontong juga sering memberikan potongan harga pada langganan yang membeli dalam jumlah besar.

Untuk  bahan pokok seperti beras, gula, dll pilihlah tempat yang memungkinkan untuk pembelian secara grosir. Sebab, tempat tempat seperti itu biasanya menawarkan harga yang jauh lebih murah dibanding toko lainnya karena untuk dijual lagi.  Dengan pembelian jumlah besar, maka kita akan mendapatkan selisih harga yang cukup jika dibandingkan dengan belanja di supermarket atau toko lain dengan harga pas.  Sedangkan untuk bumbu dapur yang biasanya tidak tahan lama, bisa kita siasati dengan menyimpannya dalam lemari es agar tetap awet selama satu bulan. Atau Anda juga bisa meraciknya sekaligus kemudian disimpan.

Itulah beberapa poin penting yang bisa Anda coba untuk menghemat belanja bulanan. Perilaku belanja kita tentu akan menentukan kondisi keuangan keluarga kita.

Baca juga artikel tentang Cara Hemat Saat berbelanja

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Merupakan seorang Konsultan perencanaan keuangan yang bekerja sebagai Internet Marketer, selain itu sangat tertarik pada dunia TI khususnya komputer dan Android.

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...