Keuangan » Perencanaan » 6 Tips Membuat Pembukuan Sederhana

6 Tips Membuat Pembukuan Sederhana

Seperti pada postingan sebelumnya tentang bagaimana cara mengatur keuangan keluarga, pembukuan menjadi salah satu poin penting agar segala pemasukan serta pengaluaran bisa teratur dan terkendali. Lantas bagaimana cara membuat pembukuan sederhana untuk Ibu rumah tangga?

Sebelum kita membuat sebuah pembukuan, alangkah baiknya kita pahami dulu pengertian pembukuan. pembukuan merupakan catatan transaksi keuangan yang melingkupi penjualan, pendapatan, pembelian, serta pengeluaran. Pembukuan biasanya dilakukan oleh instansi atau perusahaan, namun sebagai ibu rumah tangga Anda juga perlu membuat pembukuan untuk mengontrol sirkulasi uang yang masuk dan keluar. Menyusun pembukuan bukanlah sesuatu yang rumit, tak perlu menjadi seorang profesional, asalkan Anda teliti dan mau sedikit belajar tentu akan sangat mudah. Berikut ini Blogekstra berikan sedikit tips bagaimana membuat pembukuan sederhana.

membuat pembukuan sederhana

membuat pembukuan sederhana

1. Kumpulkan dan analisis data transaksi keuangan

Data transaksi keuangan rumah tangga berupa kuitansi,struk belanja, nota atau bukti transfer. Selalu kumpulkan data tersebut tujuannya untuk mempermudah  pembukuan agar tidak ada transaksi yang terlewat. Jika tidak ada bukti pembayaran (biasanya saat belanja di warung) segera catat agar tidak terlupa.

 2. Susun Jurnal Transaksi

Segera susun/tulis jurnal transaksi setiap ada aktivitas keluar asuk uang. Hal ini dimaksudkan agar memudahkan input data dan secara terurut.

3. Susun kolom jurnal dengan rapi

Berikut ini contoh penyusunan jurnal transaksi yang bisa Anda aplikasikan dalam pembukuan, dengan menyusun jurnal secara rapi, akan memudahkan ketika mengecek atau mengaudit keuangan sewaktu-waktu.

  • Tanggal Transaksi
  • Nomor Bukti Transaksi
  • Akun Transaksi
  • Debet
  • Kredit
  • Saldo
  • Keterangan

4. Pindahkan transaksi jurnal ke dalam buku besar

Buku besar merupakan kumpulan berbagai jenis transaksi per kategori. Dengan adanya buku besar maka data transaksi akan terstruktur.

 5. Buat Neraca Percobaan

Neraca percobaan dilakukan ketika akan tutp buku tiap bulannya. Neraca percobaan dilakukan dengan maksud melakukan cross cek antara saldo debit serta kredit apakah sudah sama atau belu, Jika sudah sama, maka nilainya sudah benar.  Jika belum seimbang, coba cek lagi apakah ada transaksi yang terlewat sehingga mengakibatkan nilai saldo berbeda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda praktekkan untuk membuat pembukuan sederhana. Meskipun menyita waktu, namun perencanaan keuangan yang baik akan membawa manfaat yang baik pula bagi keluarga Anda.

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Merupakan seorang Konsultan perencanaan keuangan yang bekerja sebagai Internet Marketer, selain itu sangat tertarik pada dunia TI khususnya komputer dan Android.

2 comments

  1. 5 tuh pak koruptor copas dari zahir

  2. terima kasih, salam sukses gan

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...