Keuangan » Perencanaan » 4 Tips Sederhana Mengatur Keuangan

4 Tips Sederhana Mengatur Keuangan

Mengatur keuangan menjadi masalah yang sangat krusial bagii setiap individu, baik yang sudah memiliki pekerjaan dan gaji tetap ataupun belum. Untuk mengatur dan mengontrol keuangan agar tetap pada jalurnya, maka pembukuan mutlak dilakukan. Terdengar “lebay” mungkin, sebab biasanya hanya instansi atau perusahaan yang melakukan pembukuan keuangan. Namun sebenarnya, pembukuan sangat penting untuk mengendalikan keuangan pribadi atau individu.  Tak peduli status soasialnya dan berapa nominal gaji per bulannya. Bahkan beberapa pengamat keuangan sering menganjurkan setiap keluarga membuat pembukuan keuangan dengan tujuan agar pengeluaran tidak melebihi penghasilan.

Tips Mengatur keuangan

Tips Mengatur keuangan

 

Selain melakukan pembukuan secara rapid an teratur setiap kali ada aliran uang masuk atau keluar, Ada beberapa tips lain yang bisa Anda coba untuk mengatur keuangan secara baik berikut ini misalnya :

Membiasakan diri untuk menabung

Menabung bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu menabung di bank (dalam jumlah lumayan besar) dan menabung di rumah. Tabungan sangat penting untuk kelangsungan hidup di masa depan, kita tidak akan tahu kebutuhan apa yang mendesak yang akan kita hadapi, oleh sebab itu paksa diri mulai dari sekarang untuk menabung sekecil apapun nilainya. Jika perlu gunakan layanan dari bank dengan  otomatis debit ketika gaji Anda

Prioritaskan kebutuhan yang mendesak

Hilangkan mindset “ingin membeli barang” prioritaskan pengeluaran Anda pada kebutuhan primer yang memang kita butuhkan untuk menopang  hidup. Jika menginginkan barang yang dipakai hanya sekali atau dua kali , sebaiknya Anda meminjam atau menyewa, karena harganya jauh lebih murah.

Rencanakan pengeluaran Anda sejak awal

Hal yang jarang dilakukan kebanyakan orang adalah membuat rencana belanja secara detail. Biasanya rencana belanja hanya ditujukan pada barang/kebutuhan yang nilainya besar sedangkan untuk barang barang kecil seperti cemilan,kopi dll acapkali tidak dihiraukan. Padahal pengeluaran untuk pembelian barang-barang “kecil”

Simpan uang sekecil apapun nilainya

Satu hal lagi yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang adalah uang kembalian. Karena nilainya yang dianggap kecil, apalagi jika dalam bentuk uang receh, biasanya uang kembalian tidak disimpan secara baik, bahkan kadangkala terbuang percuma. Padahal jika dihitung sehari terjadi beberapa kali transaksi dengan nilai uang kembalian yang hilang 1000-2000 kalau diakumulasi dalam sebulan, sudah lumayan untuk membeli kopi.

Itulah beberapa tips mengatur keuangan yang bisa Anda coba, coba perhatikan hal-hal kecil yang berpotensi memboroskan pengeluaran dan minimalisir dengan beberapa tips di atas. Selamat mencoba

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Merupakan seorang Konsultan perencanaan keuangan yang bekerja sebagai Internet Marketer, selain itu sangat tertarik pada dunia TI khususnya komputer dan Android.

One comment

  1. mulai mencoba. .,

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...