Keuangan » Peluang » 3 Contoh Bisnis Sampingan Yang Cocok Bagi Mahasiswa

3 Contoh Bisnis Sampingan Yang Cocok Bagi Mahasiswa

Mahasiswa selalu lekat dengan stigma negatif “berekonomi lemah”. hal itu terbukti jika ita menilik beberapa tempat, warung, toko dll yang selalu menawarkan harga yang murah untuk mahasiswa. “Harga mahasiswa” juga ditasbihkan sebagai tolok ukur sebuah barang dijual dengan harga yang murah. Memang ada benarnya statement tersebut pasalnya sebagian besar mahasiswa hidup di rantau dan hanya mengandalkan uang kiriman orang tua, itupun sudah sangat pas-pas an mengingat biaya hidup yang semakin tinggi.

Menjadi mahasiswa memang tidak mudah, terutama yang berada pada kasta ekonomi menengah ke bawah. banyaknya kebutuhan akademi dan kebutuhan hidup memaksa mahasiswa harus memutar otak untuk menghemat pengeluaran dan kalau bisa mencari bisnis sampingan kala ada waktu senggang.

Bisnis sampingan yang cocok untuk mahasiswa

Bisnis sampingan yang cocok untuk mahasiswa

Sebenarnya ada banayak peluang usaha sampingan yang terbuka lebar untuk dicoba oleh mahasiswa bahkan tanpa modal sekalipun. Lantas bisnis sampingan apa yang cocok untuk mahasiswa  / berikut ini blogekstra berikan contoh untuk Anda :

Membuka Les Privat

Les privat menjadi salah satu usaha sampingan yang paling mudah tanpa harus keluar modal sedikitpun. Kita sebagai meahasiswa tentu sudah sangat khatam dengan pelajaran SD atau SMP, sehingga tidak ada salahnya mencoba peruntungan di jalur ini. Les privat biasanya dapat menghasilkan honor antara Rp. 30-50 ribu sekali pertemuan.  Hanya saja untuk menjaring mangsa perlu usaha promosi yang cukup, jika perlu bangun network dengan teman kuliah.

Reseller baju/tas

Saat ini banyak sekali vendor baju/tas yang membuka kesmpatan seluas luasnya bagi reseller untuk melebarkan pasar produknya, kesempatan ini sebenarnya peluang emas bagi mahasiswa karena dengan mengambil barang reseller /dropship kita tidak perlu mengeluarkan modal, atau  mengurusi stok barang. Terlebih keuntungan dapat kita atur sesuai keinginan dengan menempatkan margin harga yang relevan tentunya. Dengan bantuan media online bisnis reseller ini sangat prospektif sampai saat ini.

Jual Jasa sesuai hobi

Satu lagi jenis bisnis sampingan yang cocok untuk mahasiswa ialah menjual jasa sesuai hobi atau keterampilan yang dimiliki. Jenis usaha ini sangat enak sekali dijalankan karena kita tidak merasa terbebani. Contohnya adalah jasa desain grafis, jasa pembuatan web, jasa menulis, jasa translate, dll.

Itulah ketiga contoh macam bisnis sampingan yang cocok untuk mahasiswa, sebenarnya masih banyak peluang lain yang terbuk, hanya saja terkadang justru kita yang menutup mata akan peluang tersebut. Selamat berusaha :)

Penulis: Hermawan

Foto Profil dari Hermawan
Merupakan seorang Konsultan perencanaan keuangan yang bekerja sebagai Internet Marketer, selain itu sangat tertarik pada dunia TI khususnya komputer dan Android.

One comment

  1. salah satu bisnis tanpa modal adalah bisnis reseller.

    enaknya bisnis reseller itu kita gak mulai dari nol.
    tapi kadang jebakannya itu kita sering terlena dengan mindset “asal balik modal”.
    padahal kalau gak untung buat apa bisnis?

    emang perlu memotivasi diri sendiri dan tak pernah berhenti belajar tentang teknik reseller.
    kudu terus update tentang ilmu segmentasi dan targeting konsumen dan juga belajar teknik promo yang gak asal-asalan.

    btw yang mau ebook tips reseller bisa kesini >> http://yuk.bi/tced1

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...