Keuangan » Investasi » Analisis Fundamental Menempatkan Orang Terkaya Dunia Melalui Pasar Modal

Analisis Fundamental Menempatkan Orang Terkaya Dunia Melalui Pasar Modal

Analisis Fundamental Terbukti Ampuh Menempatkan Orang Terkaya No 1 Dunia Melalui Pasar Modal

Analisa Fundamental Pasar Modal

Gambar : furqonbudiartha.blogspot.com

Analisis fundamental, dimana sebelum membeli saham dianjurkan melihat terlebih dahulu rasio keuangan perusahaan, sehingga investor  memiliki peluang menanamkan saham dalam waktu yang lama. Analisis fundamental adalah analisis berdasarkan faktor-faktor fundamental yang akan mempengaruhi nilai nominal saham suatu perusahaan dengan mencoba melihat kondisi perekonomian, industry (ketersediaan sumber daya perusahaan untuk memenuhi kebutuhan kas jangka pendek), prospek saham tersebut dan menganalisis laporan keuangan perusahaan.

Dalam melakukan analisis fundamental ada dua metode yang digunakan untuk menyaring saham-saham yang layak mendapat perhatian. Pertama, top-down (dari atas ke bawah), terlebih dahulu melihat faktor makro ekonomi untuk mengetahui industri atau sektor usaha yang bagus pada saat itu. Kedua, bottom-up (dari bawah ke atas) yang merupakan kebalikan dari metode top-down. Dalam metode top-down, investor sudah yakin menentukan saham incaran (informasi yang dapat membuat harga saham naik) . Tanpa pernah mengesampingkan peranan laporan keuangan suatu perusahaan.

Laporan keuangan dapat diringkas agar konsisten dan efisien.Terdapat generalisasi dan pedoman untuk membantu kita melakukan analisis laporan keuangan . Namun, harus diingat bahwa analisis tersebut tergantung pada penilaian, sehingga harus fleksibel. Fleksibilitas tersebut diperlukan karena beragamnya situasi dan kondisi dalam praktek. Ide, pengalaman, dan pengetahuan harus diaplikasikan secara mendalam.
.
Terbukti cara ini ampuh mengantarkan warren buffet menjadi orang terkaya nomor 3 dunia. tapi apakah relevan cara ini di terapkan di indonesia?? jawabannya mungkin, karena ada tokoh seperti Loo Kheng Hong yg menjadi menjadi tokoh investor fundamental di indonesia. tapi perlu digarisbawahi dia menanam saham mulai dari jaman pemerintahan soeharto dimana kebijakan ekonominya sangat stabil tidak seperti sekarang ini. hingga pada puncaknya ketika krisis multidimensional 1998 IHSG rontok sampai 90% dan kekayaan lee khong heng dari pasar saham pun rontok dan saat ini dia meretas mengembalikan kekayaannya yang sempat hilang.

Perlu diketahui analisis fundamental diciptakan di USA yang memiliki struktur geopolitik,geografi,sosiokultur,kultur ekonomi dan posisi ekonomi yg sangat berbeda dg indonesia. USA adalah lokomotif ekonomi dunia ,indonesia hanya pengekor .selain itu investor indonesia 60% di kuasai pihak asing. sehingga pasar saham di indonesia hanya sebagai tempat penitipan uang saja oleh pihak asing ,sambil menunggu pasar saham di negara asalnya pulih, dan eksodus besar2an dana asing pun membuat IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) tak berdaya. pergerakan IHSG pun fluktuatif. ketika kita berinvestasi dipasar modal jangan menyimpan saham terlalu lama, karena sejarah seperti krisis multidimensional seperti tahun 1998 pasti akan terulang karena sebuah siklus ekonomi,. Belilah saham di harga yang tepat dan jual di harga yang tepat.

Foto Profil dari Furqon Budiartha

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...