Keuangan » Peluang » Mengintip Peluang Usaha Cuci Motor (bagian 1)

Mengintip Peluang Usaha Cuci Motor (bagian 1)

BlogEkstra Lover, artikel ini ditulis secara tidak sengaja setelah saya membawa motor ditempat pencucian motor. Akhirnya muncul ide untuk menulis artikel ini. Mencuci motor merupakan pekerjaan yang cukup  memakan waktu dan memakan tenaga yang tidak sedikit. Kadang kita enggan untuk mencuci motor karena  padatnya aktifitas, termasuk saya. He.he…

cuci motor

Kali ini saya akan mencoba untuk menganalisis peluang usaha jasa pencucian motor. Sepertinya prospek usaha ini sangat menjanjikan Blog Ekstra Lover. Karena pertumbuhan jumlah sepeda motor yang  semakin meningkat dan kemudahan memiliki sepeda motor yang difasilitasi oleh pihak leasing.

Blog Ekstra Lover, untuk menganalisis peluang usaha jasa pencucian motor ini saya menggunakan Analisis SWOT. Analisis ini akan menjelaskan mengenai Strength(Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity(Peluang) dan Threat (ancaman).

Kekuatan dan Peluang

Meningkatnya pertumbuhan jumlah sepeda motor , dari tahun ke tahun membuat prospek usaha ini sangat menjanjikan. Kesibukan aktifitas membuat orang menjadi tidak mempunyai waktu untuk mencuci sepeda motor mereka. Solusinya mereka akan mendatangi tempat-tempat pencucian sepeda motor.

Dengan mengeluarkan sedikit uangnya, mereka tidak perlu lagi mengeluarkan  waktu dan tenaga mereka untuk mencuci sepeda motor.

Usaha pencucian sepeda motor ini tidak memerlukan keahlian khusus dan tidak membutuhkan modal yang banyak. Dengan ketekunan dan pelayanan yang baik, usaha ini akan berkembang dan menjadi pemasukan pendapatan bagi  BlogEkstra Lover sekalian.

Kelemahan dan Ancaman

Ancaman dari usaha ini adalah banyaknya pesaing yang menyediakan jasa sejenis. Usaha ini banyak terdapat dimana-mana .

Lamanya proses pencucian membuat sebagian orang menjadi bosan menunggu. Tapi tenang BlogEkstra Lover, kita bisa mensiasati dengan menyediakan kantin  yang menjual minuman ringan dan makanan.

Untuk memulai usaha ini, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan BlogEkstra lover yaitu :

  • Pemilihan lokasi usaha yang strategis, usahakan dipinggir jalan untuk memudahkan pelanggan memarkirkan kendaraan.  Lokasi harus ramai, semakin ramai semakin banyak orang yang mampir ke tempat pencucian.
  • Mencari tenaga kerja yang mau bekerja keras , tidak malas, dan jujur.
  • Mempersiapkan peralatan dan perlengkapan  untuk pencucian motor, seperti kanebo, torn air, kompresor penyemprot air, ember, sikat, shampo motor dan sebagainya.

Bersambung…

Penulis: FIRMAN

Foto Profil dari FIRMAN
Blogger pemula, ayah dari 2 anak. Juragan warung firmanblog.com

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...