Keuangan » Peluang » Mengintip Peluang Bisnis Depot Air Minum Isi Ulang (bagian 1)

Mengintip Peluang Bisnis Depot Air Minum Isi Ulang (bagian 1)

BlogEkstra lover, artikel ini ditulis berdasarkan pengamatan terhadap depot air isi ulang yang terletak disebelah kantor. Setelah mengamati dan menganalisis peluang bisnis nya, didapat kesimpulan jika peluang bisnis depot air minum isi ulang ternyata sangat menguntungkan.

Seperti biasa, kita akan membahas mengenai peluang, kekuatan, ancaman dan kelemahan bisnis depot air minum isi ulang. Dan setelahnya kita akan menganalisis BEP (Break Even Point) atau titik balik modal (impas). Langsung saja kita bahas BlogEkstra Lover :)

depot air minum isi ulang

Kekuatan dan Peluang (Strength & Opportunity)

Setiap orang butuh air minum untuk kelangsungan hidupnya. Pada awalnya orang memasak air sendiri untuk dikonsumsi.  Berhubung sulitnya mendapatkan air bersih dan menurunnya kualitas air minum, seperti bau kaporit atau warnanya keruh. Orang akan mencari air minum yang bersih dan sehat. Orang kalangan menengah keatas tentunya akan memilih air minum bermerek, sedangkan kalangan menengah kebawah akan  mencari air minum isi ulang. Oleh karena itu, bisnis depot air minum isi ulang mempunyai prospek yang cukup baik.

Kelemahan dan Ancaman (Weakness & Threat)

Ancaman dari bisnis ini adalah banyaknya pesaing yang menawarkan produk sejenis. Selain itu layanan pengiriman yang tidak tepat waktu bisa membuat pelanggan lari ke pesaing. Adanya produk penjernih air minum yang banyak diiklankan di media massa, membuat bisnis depot minum isi ulang menjadi terganggu.

Karyawan harus rajin membersihkan tabung filter agar air minum tidak berasa bau/tidak enak. Jika karyawan tidak masuk kerja, maka pendapatan dari layanan pengiriman akan berkurang. Karena sebagian besar pendapatan bisnis depot air isi ulang berasal dari layanan pengiriman (delivery)

Tahap Permulaan Bisnis

Langkah-langkah dalam memulai bisnis depot air minum isi ulang adalah :

  • Mencari lokasi tempat usaha yang strategis, usahakan dipinggir jalan, ditempat yang ramai atau lokasi pemukiman.
  • Membeli peralatan yang berkualitas, yang mempunyai layanan garansi. Bisnis depot air minum isi ulang harus menyediakan dana yang cukup besar untuk membeli peralatan. Dipasaran tersedia harga sekitar 10 juta sampai dengan 40 juta, tergantung dari paket dan kelengkapan yang ditawarkan.
  • Mengurus seluruh perizinan yang terkait
  • Melakukan pengujian terhadap kualitas air minum isi ulang

Bersambung… :)

Note : picture dari kaskus.co.id

Penulis: FIRMAN

Foto Profil dari FIRMAN
Blogger pemula, ayah dari 2 anak. Juragan warung firmanblog.com

2 comments

  1. Ok, aku suka terima kasih info nya

  2. PT Waterclean Techindo adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan air bersih, air limbah dan air minum dengan menggunakan beberapa teknologi – http://www.waterclean-techindo.com

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...