Keuangan » Perencanaan » Ingin Pensiun Dini? Berikut Yang Perlu Dipersiapkan

Ingin Pensiun Dini? Berikut Yang Perlu Dipersiapkan

Bekerja dari rumah tentu menjadi impian hampir semua orang. Tetapi sayangnya, impian hanya menjadi impian, karena tidak semua orang yang berani memutuskan menjadi bos untuk dirinya sendiri. Alasan yang paling umum adalah takut tidak ada penghasilan rutin seperti yang didapat dari bekerja di perusahaan. Memang, bekerja dari rumah membutuhkan persiapan jauh – jauh hari. Jika anda sekarang sedang bekerja tetap di suatu perusahaan dan berniat untuk pensiun dini dalam beberapa tahun ke depan, berikut ini yang perlu dipersiapkan agar masa pensiun menjadi lebih tenang :

1. Kurangi Pengeluaran

Mulai belajar menghemat segala sesuatunya sebagai persiapan mental apabila anda memang sudah tidak bekerja lagi. Seperti pengeluaran untuk listrik, air, belanja, telepon, ada baiknya lebih bijaksana dan berhemat dalam pemakaian, sehingga pengeluaran sedikit demi sedikit bisa dikurangi.

2. Mencari Penghasilan Tambahan

Anda bisa mulai memikirkan pekerjaan pengganti, apabila sudah tidak bekerja lagi, seperti bekerja part time atau berbisnis dari rumah, mungkin bisnis online atau konvensional. Dengan cara ini, maka penghasilan yang didapat selama bekerja tetap bisa tergantikan dengan penghasilan dari rumah. Mulai jalankan rencana bekerja part time atau berbisnis dari rumah saat anda masih aktif bekerja, karena untuk mengembangkan bisnis dengan sukses toh tidak bisa instant dan pasti memerlukan waktu.

3. Asuransi

Biasanya saat bekerja, kantor memberikan jaminan kesehatan berupa asuransi kepada karyawan dan keluarganya. Sementara setelah anda tidak bekerja, jaminan kesehatan pun ikut hilang. Untuk itu, alokasikan sebagian dana saat anda masih bekerja untuk menyiapkan asuransi kesehatan bagi anda dan keluarga. Sehingga proteksi kesehatan masih anda miliki meskipun sudah tidak bekerja lagi. Atau anda bisa memanfaatkan sebaik – baiknya program BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) dari pemerintah. Uruslah keanggotaan BPJS sebelum berhenti bekerja.

4. Persiapkan dana darurat

Ini adalah dana yang akan membantu anda bertahan setelah berhenti bekerja. Siapkan dana darurat mulai sejak masih bekerja dengan menyisihkan sedikit demi sedikit penghasilan anda. Sesuai dengan namanya, dana darurat ini akan dipakai dalam keadaan darurat keluarga seperti mengalami musibah atau kondisi keuangan yang berat.

5. Modal bisnis

Jika berniat memiliki bisnis sendiri yang harus diperhatikan dan perlu dipersiapkan adalah modal awal. Jangan menggunakan dana darurat atau dana pendidikan anak untuk modal bisnis. Sisihkan modal untuk bisnis sedikit demi sedikit saat anda masih bekerja. Jika memang belum sanggup untuk menyisihkan dana modal bisnis, lebih baik tunda dulu niat untuk berhenti bekerja. Hindari berhutang untuk modal bisnis, usahakan memang sudah anda sediakan sejak awal.

Meskipun kelihatannya banyak yang perlu dipersiapkan untuk pensiun dini, tetapi jika memang sudah memiliki niat yang kuat, jangan pernah menyerah. Maju terus agar impian tercapai. Lakukan persiapan – persiapan yang matang berikut rencana – rencananya dengan lebih baik lagi.

gambar dari : outright.com

Penulis: Anna yosefina

Foto Profil dari Anna yosefina
Seorang blogger yang suka dunia tulis-menulis. - www.citrawanita.com -

One comment

  1. Foto Profil dari Egor

    Mba Anna, sy baru mulai bekerja tp sudah ingin pensiun, apa yg harus sy lakukan?

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...