Keuangan » Perencanaan » Tips Mengatur Uang Bulanan Bagi Mahassiswa

Tips Mengatur Uang Bulanan Bagi Mahassiswa

Mahasiswa sering kali mengeluh jika uang bulanan yang diberikan oleh orang tua tidak mencukupi biaya hidup selama satu bulannya, sampai muncul kata-kata yang dibuat untuk menggambarkan betapa sulit hidup mahasiswa jika kekurangan uang seperti “mahasiswa pada awal bulan, makanannya enak seperti ayam bakar madu, gurame dan makanan enak lainnya. Pada pertengahan bulan pola makan mahasiswa mulai jarang dan hanya memakan dengan lauk tahu dan tempe. Pada akhir-akhir bulan, mulailah mahasiswa mengkonsumsi obat mag karena, uang sudah menipis dan tidak cukup lagi untuk membeli makanan sehingga telat makan dan harus mengkonsumsi obar mag”. Berikut adalah tips bagi mahasiswa yang mengalami seperti hal diatas:

  1. Menentukan Anggaran

Biasakan untuk anda agar mempunyai buku khusus untuk mencatat apa saja yang menjadi keperluan anda yang harus mengeluarkan uang selama satu bula. Seperti uang makan misalnya. Anggarkan berapa kali anda makan dan anggarkan setiap kali anda makan target uang yang anda keluarkan berapa, jika anda makan 3 kali sehari dan setiap makan anda mengeluarkan uang sebanyak Rp10.000 maka dalam sehari untuk uang makan saja anda harus mengeluarkan uang sebanyak Rp30.000. untuk satu bulan anda tinggal mengkalikan Rp30.000 x 30 hari maka dalam sebulan uang makan anda sebanyak Rp900.000 jika anda merasa uang tersebut terlalu banyak maka anda bisa menetralisir dengan meminimumkan pengeluaran makan anda.

  1. Pengeluaran Awal Bulan

Untuk bisa mengatur keuangan agar tidak boros saya mendapat tips dari orang yang bekerja di bank. Dengan uang yang pas-pasan kita harus mampu mengatur dengan baik pengeluaran kita dengan cara: pada awal bulan kita targetkan pengeluaran seminimal mungkin tujuannya agar pada saat mendekati akhir bulan, uang kita masih ada. Sehingga apabila masih menyisakan uang yang cukup atau lebih maka bisa kita gunakan untuk membeli sesuatu yang kita inginkan.

  1. Menyisahkan untuk Hal yang Bisa Menghasilkan Uang

Menabung adalah hal yang sangat bijak dalam mengelola uang. Alangkah baiknya sisa uang bulanan kita tabung, jika telah dirasa cukup dan banyak bisa kita gunakan untuk mengajak teman agar bergabung membuka usaha kecil-kecilan seperti yang dilakukan oleh kebanyakan teman mahasiswa yaitu membeli buku dan menjual kembali buku kepada teman kelas kita karena, kita yang paling tahu dengan kebutuhan dan kemauan teman kita. Ini juga dilakukan oleh bapak choirul tanjung ketika beliau menjadi mahasiswa dengan membuka foto copyan di kampus.

  1. Menentukan Bijak atau Tidaknya Kita dalam Mengelola Uang

Untuk mengetahui kita bijak atau tidak dalam mengelola uang maka, bisa kita bandingkan pengeluarn kita bulan lalu dan bulan ini, dengan membandingkan tujuannya adalah agar kita bisa mengevaluasi dari segi apakah kita boros, dari makanan, jajan dan sebagainya. Agar kita bisa memperbaiki sifat boros kita dan mengalihkan uangnya pada sesuatu yang lebih bermanfaat.

SEMOGA BERMANFAAT

*Gambar dari:http://int.search.myway.com/search/AJimage

Afifatur Rohmah
Data Diri Nama saya Afifatur Rohmah lahir di Bangkalan, tanggal 07 November 1995. Beragama islam, saya tinggal di jln. Sunan kalijaga No. 7AA, Malang. Saat ini saya menempuh S1 di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. Mengambil jurusan akuntansi

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Perencanaan keuangan setelah lebaran

Tips Perencanaan Keuangan Setelah Lebaran

Perencanaan keuangan setelah lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu hal yang mutlak dilakukan, ...